Perkembangan Teknologi di Indonesia TIK Pertanian Transportasi

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Posted on

Perkembangan Teknologi di Indonesia yang sangat nyata adalah adanya berbagai gadget canggih yang Anda gunakan saat ini. Sebagai negara berkembang, Indonesia pun merasakan dampak dari kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Nah, di postingan ini uptech.id akan membahas tentang perkembangan teknologi di Indonesia. Ingin tahu bagaimana perkembangannya? Baca terus sampai habis ya!

Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan penerapan praktis dari pengetahuan dan penggunaan teknik dalam kegiatan produktif. Definisi ini mencerminkan perhatian sosiologis dengan teknologi sebagai produk sosial yang menggabungkan ‘perangkat keras’ artefak manusia seperti alat dan mesin serta pengetahuan dan ide yang terlibat dalam berbagai aktivitas produktif.

Pengetahuan semacam itu tidak perlu bergantung pada sains sebagai kekuatan penggeraknya: misalnya, bentuk-bentuk mekanisasi yang relatif sederhana yang terkait dengan revolusi industri awal.

Perkembangan yang lebih baru dalam produksi energi dan teknologi informasi mungkin, bagaimanapun, bergantung pada inovasi yang berasal dari ilmu pengetahuan yang terorganisir.

Kadang-kadang teknologi disebut dalam arti sempit sebagai mesin, sedangkan definisi yang lebih luas mencakup sistem produktif secara keseluruhan dan bahkan organisasi kerja dan pembagian kerja.

Perkembangan Teknologi di Indonesia 

Membahas perkembangan teknologi di Indonesia tentunya tidak lepas dari peran teknologi informasi yang semakin berkembang. Dan Indonesia terbilang cukup pesat dalam perkembangan teknologinya. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya peralatan teknologi informasi dan komunikasi hasil dari karya anak bangsa.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dan beberapa produk hasil karya anak bangsa telah diakui dunia. Misalnya, teknologi pembangunan sistem Cakar Ayam, Jembatan Sosrobahu, dan teknologi jaringan 4G. Berikut beberapa contoh perkembangan teknologi yang ada di Indonesia.

1. Teknologi 4G

perkembangan 4G di Indonesia

Membahas jaringan internet dan seluler tentunya tidak lepas dari teknologi 4G. Pasti Anda tidak menyangka bahwa teknologi jaringan dengan koneksi cepat ini ditemukan oleh orang Indonesia. Teknologi 4G ini ditemukan oleh Prof.Dr.Khoirul Anwar yang merupakan seorang guru besar muda asal Kediri, Jawa Timur.

Di Indonesia, nama Prof. Khoirul mungkin belum terlalu dikenal. Namun, siapa sangka dia begitu terkenal di Jepang dan negara lain. Guru besar lulusan Teknik Elektro ITB tahun 2000 ini melanjutkan studinya di Nara Institute of Sains Technology, Jepang.

Khoirul Anwar menemukan teknologi jaringan internet 4G supercepat ini saat kuliah di Jepang,. Melalui temuannya, seluruh pengguna internet di dunia mendapatkan manfaat yang sangat besar, yaitu kecepatan transfer data dan efektivitas penggunaan perangkat seluler.

2. Komputer dan Internet

komputer dan internet

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada tahun 1990-an diawali dengan sistem teknologi informasi yang diperkenalkan dalam bentuk jaringan internet. Internet memanfaatkan jaringan berbagai komputer yang terhubung langsung (online).

Jaringan internet dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam bidang bisnis, telekomunikasi dan pendidikan.

Misalnya dengan adanya fasilitas e-mail (surat elektronik), chat (komunikasi langsung) dan ditemukannya teknologi VoIP (Voice on Internet Protocol) di jaringan internet, kita semua dapat melakukan percakapan telepon jarak jauh dan panggilan langsung internasional. itu mudah dan murah.

Di bidang perdagangan, Anda juga dapat membuat situs internet (website), untuk mempromosikan produk dan jasa di internet. Selanjutnya produsen dan konsumen dapat melakukan transaksi perdagangan atau aktivitas jual beli produk dan jasa melalui jaringan internet yang disebut dengan e-commerce.

3. Telepon Seluler

perkembangan telepon seluluer

Jauh sebelum smartphone yang Anda miliki saat ini, teknologi ponsel sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1990-an, lho. Penggunaan teknologi telepon seluler saat itu masih sederhana, yaitu sebatas melakukan dan menerima panggilan, hingga pengiriman layanan pesan singkat (SMS).

Pada awalnya jenis telepon seluler yang dipasarkan di Indonesia memiliki teknologi sistem AMPS (Advance Mobile Phone System). Namun karena memiliki kelemahan yang tidak dapat menjangkau daerah terpencil, maka ponsel telah beralih ke teknologi sistem Global System Mobile (GSM).

Penggunaan GSM bisa kita lihat dari beberapa stasiun pemancar sinyal seluler BTS (Base Transceiver Station) yang tersebar di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Perkembangan telepon seluler kini jauh lebih pesat dan kompleks.

Dari yang awalnya hanya melakukan panggilan dan mengirim pesan, sampai menjadi perangkat pribadi lengkap dengan berbagai aplikasi canggih, mulai dari pemutar lagu, kamera hingga pengakses jaringan internet.

4. Satelit

perkembangan teknologi satelit telkom indonesia

Anda tentunya sudah tahu kalau Indonesia punya satelit kan? Satelit Indonesia disebut Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa (SKSD). Satelit ini dibangun melalui sistem komunikasi yang dikuasai Indonesia sejak tahun 1974 dan selesai pada tahun 1976.

Sistem satelit Palapa memungkinkan masyarakat di Indonesia mengakses berbagai informasi melalui sinyal yang ditransmisikan atau dikirimkan ke bermacam perangkat elektronik, seperti TV, radio, telepon dan sejenisnya.

5. Televisi

televisi indonesia

Jauh sebelum YouTube ditemukan, televisi merupakan media penyampaian informasi yang sangat populer di Indonesia. Perkembangan teknologi siaran TV diawali dari ditemukannya teleskop elektronik oleh Paul Nipkow seorang mahasiswa di berlin yang menggunakan teleskop elektronik untuk mengirimkan gambar secara nirkabel dari satu tempat ke tempat lain pada tahun 1884.

Di Indonesia televisi diperkenalkan pada tahun 1962 dengan siaran televisi Republik Indonesia (TVRI) yang kemudian mengalami perkembangan yang sangat signifikan dengan munculnya beberapa stasiun televisi swasta yaitu RCTI, SCTV, TPI, ANTEVE, TV7. TV Global dan banyak lainnya.

6. Radio

radio indonesia

Perkembangan radio di Indonesia sudah ada sejak tahun 1920-an, dimana pemerintah kolonial Belanda membangun sejumlah stasiun radio di kota-kota besar seperti Nederland Indische Radio Omroep (NIROM), Bataviaasche Radio Vereeniging (BRV) dan Solosche Radio Vereeniging (SRV).

Pada tanggal 11 September 1945, pemerintah Indonesia berhasil mendirikan stasiun radio nasional Indonesia bernama Radio Republik Indonesia (RRI). RRI memiliki peran vital dalam revolusi kemerdekaan Indonesia.

Pada masa Agresi Militer Belanda Kedua, pemancar RRI di Wonosari Yogyakarta menjadi alat penghubung utama antara tokoh-tokoh nasionalis di Yogyakarta dan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi.

Perkembangan Teknologi Pertanian

Teknologi pertanian adalah penerapan ilmu dan teknik terapan untuk kegiatan pertanian. Pada awalnya teknologi dibuat oleh manusia untuk memudahkan berbagai pekerjaan yang dilakukan.

Dalam 100 tahun terakhir, berbagai teknologi yang ditemukan oleh manusia mulai berkembang pesat, mulai dari transportasi hingga informasi, termasuk dunia pertanian.

Teknologi pertanian di Indonesia semakin baik. Tidak hanya pemerintah dan perguruan tinggi, bahkan perusahaan swasta pun mulai berdatangan untuk mengembangkan teknologi di bidang ini. Ini pertanda bahwa petani Indonesia merupakan pasar yang menarik dan siap untuk melakukan upgrade.

Dan berikut adalah penerapan teknologi pertanian di indonesia:

1. Alat Penanam Padi Transplanter Jarwo

Alat ini direkomendasikan oleh departemen penelitian dan pengembangan (R&D) Kementerian Pertanian. Jarwo adalah kependekan dari jajar legowo dari Jawa Timur. Konsep dari alat ini adalah memberikan jarak yang tepat antara satu lajur beras dengan lajur beras lainnya.

Menurut penelitian, sistem ini mampu meningkatkan produksi hingga 30%. Selain itu jarak antar barisan yang lebar juga memudahkan dalam pemeliharaan tanaman padi. Coba tonton video berikut.

2. Mesin Panen Padi Combine Harvester Indo

Alat ini juga ciptaan Badan Litbang Pertanian, lho. Saking canggihnya, alat ini setidaknya punya keunggulan sebagai berikut:

  • Memiliki diameter lebih rendah, yaitu sampai 0,13 kg per cm persegi
  • Mampu beroperasi di lahan basah
  • Hasil panen tusuk sate kurang lebih 1%
  • Kapasitas kerja super cepat, yaitu 4-6 jam per hektar.

Perkembangan Teknologi Transportasi 

Selain perkembangan teknologi informasi dan teknologi pertanian, Indonesia juga mengalami perkembangan teknologi di bidang transportasi. Berikut beberapa perkembangan teknologi transportasi di Indonesia.

1. Transportasi Udara

Perkembangan transportasi udara ditandai dengan semakin mudah dan cepatnya perjalanan melalui udara, baik antar pulau maupun antar negara yaitu tersedianya pesawat angkut penumpang dan maskapai nasional seperti Garuda Indonesia, Merpati Air, Adam Air, Lion Air, Sriwijaya Air, Air Asia, dan lainnya. -lain.

Maskapai penerbangan di Indonesia menggunakan berbagai jenis pesawat penumpang seperti MD II, Boeing 737 400 dan FOKKER F-28 serta Indonesia juga memiliki IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) yang berbasis di Bandung dan telah memproduksi alat transportasi udara seperti helikopter dan pesawat terbang.

2. Transportasi Darat

Transportasi darat diawali dengan pembangunan jalan tol besar yang menghubungkan beberapa daerah terpencil pada tahun 1973. Jalan tol pertama yang dibangun pada tahun 1973 adalah tol Jakarta – Bogor – Ciawi dan masih banyak pembangunan jalan tol lainnya yang masih berlangsung hingga saat ini.

Selain jalan tol, pada tahun 1995 diresmikan penggunaan kereta api ekspres dengan kecepatan 120 km per jam. Jakarta-Surabaya yang awalnya memakan waktu 14 jam bisa dipersingkat menjadi hanya 9 jam. Dan hingga sekarang sudah kembali berkembang dengan beroperasinya KRL (Kereta Rel Listrik), LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit).

3. Transportasi Air / Laut

Sektor transportasi laut mengalami perkembangan sangat pesat di Indonesia. Dalam Repelita V, upaya pemerintah dalam melakukan pembangunan sarana transportasi laut yaitu dengan merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas prasarana yang ada, seperti pengadaan kapal penyeberangan, kapal pengangkut barang, perbaikan pelabuhan dan dermaga untuk perluasan serta percepatan lalu lintas laut antar pulau.

Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi di Indonesia

Perkembangan teknologi dalam berbagai bidang di atas tentunya berdampak pada perubahan kehidupan manusia, baik dampak positif maupun negatifnya. Dampak positif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah:

  • Mempercepat dan mempermudah proses informasi dan distribusi dalam kegiatan ekonomi.
  • Menambah efektivitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat.
  • Perusahaan atau industri dapat menjual lebih banyak jenis produk.
  • Harga barang yang kompetitif di pasar global.
  • Memberikan berbagai kemudahan.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Meningkatkan ilmu dan wawasan.
  • Peningkatan produksi.

Dampak Negatif dari Perkembangan Teknologi di Indonesia

  • Timbulnya kejahatan baru, khususnya kejahatan dunia maya atau disebut Cybercrime.
  • Munculnya hoax atau berita palsu dan disinformasi.
  • Menumbuhkan kecenderungan sikap anti-sosial.
  • Perkembangan yang bersifat konsumtif.
  • Hilangnya budaya tradisional.

Pentingnya Mempelajari dan Mengikuti Perkembangan Teknologi

1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi yang terus berubah sehingga kita termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar pembelajaran sepanjang hayat.

2. Memotivasi kemampuan kita untuk beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan teknologi, sehingga kita dapat menjalankan dan menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3. Mengembangkan kompetensi dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung pembelajaran, pekerjaan, dan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengembangkan keterampilan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran bisa menjadi lebih optimal, menarik, serta mendorong kita untuk lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisir informasi, dan terbiasa bekerja sama.

5. Mengembangkan kemampuan kita dalam belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam pemanfaatan Teknologi untuk pembelajaran, berkarya, dan memecahkan masalah sehari-hari.

Penutup

Nah, itulah beberapa perkembangan teknologi di Indonesia dalam berbagai bidang. Teruslah belajar dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat agar kita tidak menjadi manusia yang primitif dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Semoga bermanfaa!