Pengertian Teknologi Perkantoran Manfaat dan Contoh

Teknologi Perkantoran: Pengertian, Manfaat & Contoh Lengkap

Posted on

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengan Teknologi perkantoran, teknologi kantoran merupakan sebuah alat yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan kantor, namun di perkantoran ada juga yang menggunakan tenaga kerja manual yaitu dengan menggunakan tenaga manusia.

Teknologi perkantoran berfungsi sebagai pengolahan, reproduksi, pencatatan, pengiriman, dan penyimpanan material secara efisien, dalam hal ini tentunya kita harus mengetahui cara kerjanya, karakteristiknya, dan cara perawatan mesin tersebut.

Apa Arti Teknologi Perkantoran?

Teknologi perkantorang merupakan perangkat berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk mengefektifkan dan mempermudah kinerja pegawai di kantor.

Ada pula definisi lain yaitu office technology yang merupakan suatu alat TI (Teknologi Informasi) yang dapat mengoptimalkan kinerja seluruh elemen yang ada di perusahaan, sehingga bisnis Kamu dapat mencapai target dengan lebih mudah, optimal dan efisien baik dari segi waktu, biaya maupun sumber daya manusia.

Dengan kata lain, penerapan teknologi perkantoran sangat disarankan jika ingin bisnis Kamu berjalan lebih mudah dan maksimal. Bagi Kamu yang masih belum terlalu paham tentang konsep kerja teknologi kantor, maka Kamu bisa melanjutkan membaca poin selanjutnya.

Konsep Kerja Teknologi Perkantoran

Konsep kerja utama dari teknologi perkantoran adalah untuk memudahkan sebagian besar pekerjaan di kantor atau perusahaan Kamu. Bagaimana cara mempermudah pekerjaan? Jawabannya balik lagi, yaitu memanfaatkan peran teknologi.

Peralatan teknologi merupakan sarana penting agar prosedur kerja di kantor berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan harapan.

Hal ini tentunya penting dan sangat diperlukan agar semua data yang dibuat oleh suatu perusahaan dapat dikelola dengan cepat dan tepat. Saat kita menjalankan bisnis, tentunya profit adalah tujuan utama yang ingin kita capai. Sebuah bisnis baru bisa dikatakan sukses jika bisa meraih keuntungan yang besar atas penjualannya.

Update juga: Perkembangan Teknologi di Indonesia

Apa Manfaat Teknologi Perkantoran?

Seperti yang sudah dijelaskan dan Kamu pahami, teknologi perkantoran memiliki peran penting bagi perusahaan, sehingga harus diimplementasikan dengan baik. Berbagai manfaat dapat diberikan oleh teknologi ini untuk dapat mendukung sistem yang sedang dijalankan.

Dengan memahami manfaat penerapan teknologi perkantoran, Kamu dapat mulai memanfaatkan teknologi yang ada dengan lebih baik. Untuk lebih memahami apa saja manfaatnya, berikut beberapa manfaat penerapan teknologi pada sistem perkantoran.

  • Pendukung agar sistem kantor berjalan lebih efektif
  • Data yang didapatkan lebih akurat
  • Memudahkan komunikasi antar pekerja di cabang kantor lain
  • Pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai
  • Data disimpan dengan lebih aman
  • Meningkatkan produktivitas
  • Memperbanyak hasil kerja
  • Memberikan batas pada prosedur kerja
  • Penyimpanan data dapat dikelola dengan lebih baik

Update juga: Manfaat Teknologi Informasi

Contoh Teknologi Perkantoran yang Sering Digunakan

Beberapa teknologi perkantoran digunakan untuk memudahkan Kamu dalam menjalankan sistem kerja kantoran. Jika menggunakan teknologi, pemrosesan data dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Dengan begitu, bisnis bisa berjalan dengan baik dan bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

Apa saja jenis teknologi perkantoran yang sering digunakan dalam sebuah perusahaan bisnis? Berikut ini akan diuraikan beberapa teknologi yang biasa digunakan di perkantoran. Kamu bisa memanfaatkan teknologi perkantoran ini, tentunya di perusahaan Kamu sendiri:

1. Pengolah kata (Word Processing)

aplikasi pengolah kata

Dengan menggunakan teknologi, Kamu dapat dengan mudah menyiapkan semua data Kamu. Salah satu teknologi yang sering digunakan adalah pengolah kata. Di mana Kamu dapat melakukan pemrosesan, menyiapkan dokumen, menulis atau mencetak menggunakan teknologi ini.

Teknik pengolah kata akan memberikan kontribusi besar dalam pemecahan masalah dan memungkinkan Kamu mengelola melalui komunikasi tertulis yang lebih efektif.

2. Email (Surat Elektronik)

teknologi perkantoran email

Penggunaan teknologi memungkinkan Kamu untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dan efektif. Dengan menggunakan teknologi ini Kamu dapat mengirim atau menerima pesan lebih cepat. Kamu dan anggota lainnya juga dapat saling terhubung langsung untuk dapat membangun sistem kerja yang optimal.

Dilengkapi dengan sistem penyimpanan, teknologi surat elektronik memudahkan pengguna dalam menyimpan beberapa pesan penting. Teknologi ini juga menjadi solusi untuk kelemahan penggunaan telepon konvensional. Tertarik mencoba mengaplikasikan teknologi surat elektronik ini di kantor?

3. Voice Mail (Surat Suara)

teknologi perkantoran voice mail

Konsep kerja dari teknologi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan penggunaan surat elektronik yang berfungsi membangun sistem komunikasi. Namun, jika sebuah surat menggunakan kata dan kalimat sebagai alat komunikasinya, pesan suara ini menggunakan suara langsung untuk berkomunikasi.

Konsep kerjanya hampir sama dengan telepon, namun teknologi ini menggunakan jaringan internet dan Kamu hanya dapat mengirim dan menerima pesan. Kamu tidak dapat melakukan percakapan langsung.

4. Telepon Grup (Konferensi Audio)

telepon konferensi

Teknologi ini relatif baru ini digunakan untuk menghubungkan beberapa orang yang berada di lokasi berbeda melalui suara. Dengan begitu meskipun anggota rapat berada di tempat yang berbeda, namun rapat tetap dapat dilakukan melalui koneksi tersebut.

Dengan teknologi ini, semuanya bisa berjalan lebih efektif dan cepat. Sistem kerja dapat terus berjalan, namun tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.

5. Video Call (Konferensi video)

video call conference

Konsepnya tidak jauh berbeda dengan sistem konferensi audio, tetapi yang membedakannya adalah Kamu dapat melihat langsung semua wajah orang-orang yang ada di konferensi tersebut. Sarana penghubung yang dibangun untuk mengumpulkan beberapa orang sehingga dapat saling berkomunikasi secara realtime.

Teknologi ini sangat mudah dilakukan dan hemat biaya, Kamu hanya perlu terkoneksi dengan layanan internet untuk dapat menggunakannya. Selain itu Kamu tidak memerlukan tempat khusus untuk mengumpulkan beberapa dari orang-orang ini.

Teknologi Mesin Perkantoran

  • Komputer.
  • Telepon.
  • Faximile (Fax).
  • Printer.
  • Alat scanner.
  • Mesin penjilid.
  • Mesin offset.
  • Alat penghitung uang.
  • Mesin spirit duplicator.
  • Mesin diftafon.
  • Alat absensi.
  • Mesin stensil.

Update juga: Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Penutup

Demikian pembahasan tentang teknologi perkantoran mulai dari pengertian, konsep kerja, manfaat dan juga contoh mesin atau alat dan aplikasi yang di gunakan di perkantoran. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi untuk pembelajaran kamu semua. Semoga bermanfaat!