Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Definisi Lengkap

Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Posted on

Di postingan kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan, pemrosesan, distorsi, penyajian dan penyebaran informasi.

Jika dilihat dari katanya, TIK ini terdiri dari kata Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi, apakah TIK penggabungan dari kedua teknologi ini? Untuk lebih lengkap tentang TIK ini, mari baca ulasan ini sampai habis.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Informasi?

Teknologi Informasi adalah secara sederhana dapat didefinisikan sebagai “Teknologi apa pun yang melaluinya dalam kita mendapatkan sebuat informasi disebut Teknologi Informasi”.

Pengertian Teknologi Informasi Seringkali istilah IT diterapkan pada komputer dan sistem berbasis komputer. Namun, akar kata teknologi menunjukkan bahwa itu adalah “sarana” untuk mencapai tujuan. Misalnya menggunakan korek api dengan cara membuat api unggun.

Tujuan akhirnya adalah api itu sendiri. Sepeda adalah salah satu alat transportasi. Tujuan bersepeda adalah untuk mencapai suatu tujuan, dan mungkin juga untuk berolahraga sesuai kebutuhan.

Akibatnya, ketika kita berbicara tentang penggunaan teknologi, kita harus selalu ingat bahwa itu adalah alat, bukan tujuan itu sendiri. Teknologi dalam arti yang luas merupakan penerapan teknologi komunikasi dan komputasi modern guna menciptakan, mengelola, dan penggunaan pengetahuan.

IT atau Teknologi Informasi biasanya mengacu pada beberapa peralatan seperti komputer, perangkat penyimpanan data, jaringan, serta perangkat komunikasi.

Teknologi Informasi adalah penggunaan perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), layanan dan infrastruktur pendukung untuk mengelola dan menyampaikan informasi dengan menggunakan suara, data dan video.

Update juga: Manfaat Teknologi Informasi

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Komunikasi?

Padahal, teknologi komunikasi adalah peralatan atau perangkat keras dalam struktur organisasi yang berisi
nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lain.

Untuk mengetahui apa itu perangkat (hardware) teknologi komunikasi atau tidak, Nadya (2003: 1) menjelaskan bahwa alat ini menyiratkan, pertama, bahwa teknologi komunikasi adalah sebuah alat.

Kedua, teknologi komunikasi lahir dari suatu ekonomi, sosial, dan struktur politik.

Ketiga, teknologi komunikasi membawa nilai-nilai yang datang darinya struktur ekonomi, sosial, dan politik tertentu. Keempat, teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia, terutama kemampuan dengar dan lihat. Jika keempat kriteria tersebut tidak dimiliki sebuah perangkat (hardware) maka tidak bisa dikatakan teknologi komunikasi.

Misalnya telepon seluler (telepon seluler), bisa disebut sebagai teknologi komunikasi? jawaban ditentukan jawaban atas empat pertanyaan pertanyaan di atas. Jawaban dari pertanyaan pertama sangat jelas bahwa ponsel adalah alat. Jawab pertanyaan kedua adalah ponsel yang lahir dari struktur ekonomi kapitalis dan liberal.

Jawaban atas pertanyaan ketiga adalah bahwa ponsel membawa nilai liberal, setiap orang orang yang memiliki ponsel ditunjukkan bebas untuk menghubungi siapa hanya. Mereka diajari untuk tidak memiliki masalah psikologis untuk berbicara dengan siapapun.

Jawaban untuk pertanyaan keempat adalah telepon seluler meningkatkan indra dengan orang yang memakainya. Orang-orang memakai telepon seluler dapat dihubungi kapan saja, selama pihak pesta memilikinya telepon.

Jadi ponsel memenuhi semua aspek diri sendiri mengisyaratkan teknologi komunikasi. Secanggih apapun teknologi komunikasi, itu hanyalah sebuah alat dapat membantu manusia untuk mencapai tujuan komunikasi, seperti perubahan wawasan, perubahan sikap, perubahan perilaku dan transformasi sosial.

Betapapun canggihnya teknologi komunikasi, dia selalu perangkat elektronik yang dibuat oleh manusia dan bukan akan berguna jika tidak digunakan secara proporsional. Itulah mengapa orang cenderung berhati-hati dalam mengadopsi teknologi komunikasi.

Upate juga: Teknologi Masa Kini

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi?

TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala aktifitas yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana/media.

Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat untuk mengolah dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Dengan demikian, teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang memuat pengertian yang luas tentang segala aktivitas yang berkaitan dengan pengolahan, manipulasi, pengelolaan dan transfer / transfer informasi antar media.

Contoh Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berikut dua contoh alat teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain, diantaranya:

1. Media Cetak

  • Surat kabar merupakan media informasi yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk mendapatkan informasi penting, baik itu informasi di bidang politik, ekonomi, hiburan dan lain-lain.
  • Majalah merupakan salah satu jenis media cetak yang menyampaikan informasi menarik kepada masyarakat. Melalui majalah, setiap orang dapat mengetahui beberapa informasi khusus seperti informasi kesehatan, agama, film, properti, dan lain-lain.
  • Tabloid merupakan salah satu contoh teknologi informasi berupa media cetak yang menyampaikan informasi tentang hiburan. Melalui tabloid ini, setiap orang dapat mengetahui berbagai macam informasi menarik seperti di majalah atau surat kabar.

2. Media Elektronik

  • Komputer merupakan salah satu sarana teknologi informasi yang saat ini digunakan oleh sebagian besar masyarakat dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Melalui komputer mereka dapat menyimpan data penting dan menyebarkannya kepada orang lain dengan cepat dan mudah.
  • Televisi merupakan salah satu teknologi informasi yang memiliki fungsi sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat luas. Melalui suatu acara atau iklan di televisi, setiap orang akan menerima siaran informasi.
  • Radio merupakan salah satu teknologi informasi yang memanfaatkan media elektronik suara untuk menyampaikan informasi secara langsung.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi merupakan padanan yang tidak dapat dipisahkan yang memuat pengertian yang luas tentang segala kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer / mengirim informasi antar media.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kunjungi terus situs kami UpTech.id untuk selalu update seputar Perkembangan Teknologi di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua. Salam Teknologi..