pengertian apache web server

Pengertian Apache Web Server: Arsitektur & Cara Kerja

Posted on

Hallo Sobat Techy..!! Kali ini kita akan membahas tentang pengertian Apache Web Server.

Pasti Sobat semua sudah tidak asing lagi mendengan kata Apache dan Web Server ini.

Daripada penasaran, baca ulasan berikut ini yuk!

Pengertian Apache

Pengertian dari Apache yaitu perangkat lunak web server yang paling banyak digunakan.

Dikembangkan dan dikelola oleh Apache Software Foundation, Apache adalah perangkat lunak sumber terbuka yang tersedia secara gratis. Ini berjalan di 67% dari semua web server di dunia.

Cepat, andal, dan aman. Ini dapat sangat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan berbagai lingkungan dengan menggunakan ekstensi dan modul.

Sebagian besar penyedia hosting WordPress menggunakan Apache sebagai perangkat lunak web server mereka. Namun, WordPress juga dapat berjalan di perangkat lunak web server lain.

Update juga: Apa Itu Big Data

Pengertian Web Server

Ingin tahu apa sih web server itu? Web server seperti host restoran.

Ketika Kamu tiba di sebuah restoran, tuan rumah akan menyapa Kamu, memeriksa informasi pemesanan Kamu dan membawa Kamu ke meja Kamu.

Mirip dengan host restoran, web server memeriksa halaman web yang Kamu minta dan mengambilnya untuk kesenangan menonton Kamu.

Namun, web server bukan hanya host Kamu, tetapi juga server Kamu.

Setelah menemukan halaman web yang Kamu minta, ia juga menyajikan halaman web untuk Kamu.

Web Server seperti Apache, juga merupakan Maitre D ‘restoran.

Ini menangani komunikasi Kamu dengan situs web (dapur), menangani permintaan Kamu, memastikan bahwa staf lain (modul) siap melayani Kamu.

Ini juga merupakan bus boy, karena membersihkan tabel (memori, cache, modul) dan membersihkannya untuk pelanggan baru.

Jadi pada dasarnya web server adalah perangkat lunak yang menerima permintaan Kamu untuk mengakses halaman web.

Ini menjalankan beberapa pemeriksaan keamanan pada permintaan HTTP Kamu dan membawa Kamu ke halaman web.

Bergantung pada halaman yang Kamu minta, halaman tersebut mungkin meminta server untuk menjalankan beberapa modul tambahan saat membuat dokumen untuk melayani Kamu.

Ini kemudian melayani Kamu dokumen yang Kamu minta. Cukup mengagumkan bukan?

Update juga: Pengertian Artificial Intelligence (AI)

Arsitektur Aplikasi Web Apache

Apache hanyalah salah satu komponen yang dibutuhkan dalam tumpukan aplikasi web untuk mengirimkan konten web. Salah satu tumpukan aplikasi web yang paling umum melibatkan LAMP, atau Linux, Apache, MySQL, dan PHP.

Linux adalah sistem operasi yang menangani operasi aplikasi. Apache adalah web server yang memproses permintaan dan melayani aset dan konten web melalui HTTP.

MySQL adalah database yang menyimpan semua informasi Kamu dalam format yang mudah ditanyakan.

PHP adalah bahasa pemrograman yang bekerja dengan apache untuk membantu membuat konten web dinamis.

Meskipun statistik aktual dapat bervariasi, cukup adil untuk mengatakan bahwa sebagian besar aplikasi web berjalan pada beberapa bentuk tumpukan LAMP karena mudah dibuat dan juga gratis untuk digunakan.

Untuk sebagian besar, aplikasi web cenderung umumnya memiliki arsitektur dan struktur yang serupa meskipun mereka melayani banyak fungsi dan tujuan yang berbeda.

Sebagian besar aplikasi web juga mendapatkan keuntungan dari Firewall, Load Balancer, Web Server, Jaringan Pengiriman Konten, dan Server Database.

Firewall membantu melindungi aplikasi web dari ancaman eksternal dan kerentanan internal tergantung di mana firewall dikonfigurasi.

Load Balancers membantu mendistribusikan lalu lintas di seluruh Web Server yang menangani permintaan HTTP (S) (di sinilah Apache masuk) dan server aplikasi (server yang menangani fungsionalitas dan beban kerja aplikasi web.)

Kami juga memiliki Server Database, yang menangani penyimpanan dan cadangan aset.

Bergantung pada infrastruktur Kamu, database dan aplikasi Kamu dapat berada di server yang sama meskipun disarankan untuk memisahkannya.

Update juga: Pengertian IoT: Cara Kerja, Manfaat & Contoh

Bagaimana Cara Kerja Apache Web Server?

Apache berfungsi sebagai cara untuk berkomunikasi melalui jaringan dari klien ke server menggunakan protokol TCP/IP.

Apache dapat digunakan untuk berbagai macam protokol, tetapi yang paling umum adalah HTTP/S.

HTTP/S atau Hyper Text Transfer Protocol (S singkatan dari Secure) adalah salah satu protokol utama di web, dan satu-satunya protokol yang paling dikenal oleh Apache.

HTTP/S digunakan untuk menentukan bagaimana pesan diformat dan dikirim ke seluruh web, dengan instruksi untuk browser dan server tentang bagaimana menanggapi berbagai permintaan dan perintah.

Hypertext Transfer Protocol Secure biasanya melalui port 443 dengan protokol tidak aman melalui port 80.

Server Apache dikonfigurasi melalui file konfigurasi di mana modul digunakan untuk mengontrol perilakunya.

Secara default, Apache mendengarkan alamat IP yang dikonfigurasi dalam file konfigurasinya yang diminta. Di sinilah salah satu dari banyak kekuatan Apache ikut bermain.

Dengan direktif Listen, Apache dapat menerima dan merutekan lalu lintas tertentu ke port dan domain tertentu berdasarkan permintaan kombinasi alamat-port tertentu.

Secara default, Listen berjalan pada port 80 tetapi Apache dapat diikat ke port yang berbeda untuk domain yang berbeda, memungkinkan banyak situs web dan domain yang berbeda untuk dihosting dan satu server.

Kamu dapat membuat domain1.com mendengarkan di port 80, domain2.com di port 8080 dan domain3.com di port 443 menggunakan HTTPS semua di Apache.

Setelah pesan mencapai tujuan atau penerima, ia mengirimkan pemberitahuan, atau pesan ACK, yang pada dasarnya memberikan pengakuan kepada pengirim asli bahwa datanya telah berhasil sampai.

Jika ada kesalahan dalam menerima data, atau beberapa paket hilang saat transit, host atau klien tujuan mengirimkan pesan Not Acknowledged, atau NAK, untuk memberi tahu pengirim bahwa data perlu dikirim ulang.

Kesimpulan

Selama beberapa dekade terakhir, Apache telah terbukti menjadi bahan pokok di banyak tumpukan populer dan tulang punggung awal tahun internet.

Meskipun popularitasnya menurun dan opsi pilihan web server meningkat, Apache masih memainkan peran penting dalam banyak tumpukan teknologi dan infrastruktur sistem perusahaan.

Bahkan dengan teknologi dan server baru yang keluar tanpa henti, Apache masih merupakan teknologi yang harus dipelajari dan dikonfigurasikan oleh setiap pengembang.

Update juga: Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sekian informasi tentang pengertian Apache Web Server serta arsitektur dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat, dan Salam Techy..!!